SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SD NEGERI 4 CIRAHAB KORWILCAM DINDIK LUMBIR KAB. BANYUMAS

Download Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Al Quran Hadis Kelas 4

Download Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Al Quran Hadis Kelas 4: Modul Ajar, Prota, Promes, Silabus, dan ATP

Sdn4cirahab.sch.id - Seiring dengan penerapan Kurikulum Merdeka yang lebih fleksibel dan berbasis pada kebutuhan siswa, perangkat pembelajaran menjadi aspek yang sangat penting dalam memastikan keberhasilan pendidikan. Dalam konteks pembelajaran Al Quran dan Hadis untuk kelas 4, perangkat pembelajaran tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang semakin berkembang di usia tersebut. Artikel ini akan membahas tentang Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Al Quran Hadis Kelas 4, yang mencakup Modul Ajar, Prota, Promes, Silabus, dan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran).

Pemahaman Dasar Kurikulum Merdeka untuk Pembelajaran Al Quran Hadis Kelas 4

Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan yang lebih besar kepada guru dalam merancang pembelajaran sesuai dengan kondisi siswa. Ini berarti bahwa perangkat pembelajaran untuk Al Quran dan Hadis di kelas 4 harus lebih berfokus pada pemahaman, aplikasi nilai-nilai Islam, serta peningkatan keterampilan membaca Al Quran dan memahami Hadis. Perangkat pembelajaran ini perlu disusun dengan sangat terstruktur agar dapat mendukung perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas 4.

Dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang baik, seperti Modul Ajar, Prota, Promes, Silabus, dan ATP, guru dapat menyampaikan materi secara lebih efektif dan menarik bagi siswa. Setiap perangkat ini memiliki peran yang sangat penting dalam membantu siswa memahami isi Al Quran dan Hadis, serta mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

1. Modul Ajar untuk Al Quran dan Hadis Kelas 4

Modul Ajar adalah salah satu komponen penting dalam perangkat pembelajaran yang digunakan untuk membantu proses pengajaran. Dalam pembelajaran Al Quran dan Hadis, modul ajar digunakan untuk memberikan pengetahuan yang terstruktur tentang ayat-ayat Al Quran, hadis, serta aplikasi nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.

Komponen Modul Ajar:

  • Materi Pembelajaran: Berisi penjelasan mengenai ayat-ayat Al Quran dan hadis yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa kelas 4. Modul ini berfokus pada pengajaran yang tidak hanya mengutamakan hafalan, tetapi juga pemahaman mendalam.
  • Latihan Soal: Dilengkapi dengan latihan-latihan soal yang dirancang untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, seperti pemahaman terhadap makna ayat atau hadis dan aplikasinya dalam kehidupan nyata.
  • Aktivitas Pembelajaran: Kegiatan yang melibatkan siswa secara aktif, misalnya melalui diskusi kelompok, demonstrasi bacaan Al Quran, atau praktik salat yang sesuai dengan tuntunan hadis.

Modul ajar ini dirancang dengan memanfaatkan berbagai media seperti gambar, video, dan aplikasi pembelajaran interaktif agar siswa dapat belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan efektif.

2. Prota (Program Tahunan) Tetap dalam Pembelajaran Al Quran Hadis

Prota (Program Tahunan) adalah rancangan pembelajaran untuk satu tahun ajaran yang mencakup seluruh materi yang akan diajarkan selama setahun. Pada pembelajaran Al Quran dan Hadis kelas 4, Prota harus disusun dengan memperhatikan capaian pembelajaran yang ingin dicapai siswa dalam hal pemahaman teks Al Quran dan hadis, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Struktur Prota untuk Al Quran Hadis Kelas 4:

  • Pembagian Waktu Pembelajaran: Waktu yang disediakan untuk mempelajari masing-masing tema atau materi dalam Al Quran dan Hadis harus ditentukan dengan bijak, agar semua topik dapat dijelajahi dengan mendalam.
  • Fokus Materi: Prota ini mencakup pembelajaran dasar, seperti pengenalan ayat-ayat Al Quran pendek, serta penjelasan tentang beberapa hadis yang relevan dengan karakter dan moral siswa kelas 4.
  • Evaluasi Tahunan: Setiap akhir semester, guru dapat mengevaluasi hasil belajar siswa berdasarkan pemahaman mereka terhadap materi yang telah diajarkan sepanjang tahun.

Manfaat Prota:

  • Memastikan seluruh materi pembelajaran ter-cover dengan baik selama satu tahun ajaran.
  • Memberikan panduan kepada guru untuk menyusun jadwal dan metode pengajaran yang efektif.

Prota harus fleksibel dan dapat disesuaikan dengan perkembangan kelas, terutama dalam kurikulum Merdeka yang lebih berorientasi pada kebutuhan siswa.

3. Promes (Program Semester) Diganti dengan Prosem (Program Semester)

Promes dalam Kurikulum Merdeka tidak lagi digunakan. Sebagai penggantinya, ada istilah Prosem (Program Semester) yang lebih berfokus pada tujuan pembelajaran yang harus dicapai setiap semester. Prosem untuk Al Quran dan Hadis kelas 4 menjadi sangat penting untuk mengatur dan menyusun materi yang harus diajarkan dalam jangka waktu satu semester.

Komponen Prosem:

  • Penetapan Tujuan Pembelajaran: Setiap semester memiliki tujuan spesifik dalam pembelajaran Al Quran dan Hadis. Misalnya, semester pertama bisa difokuskan pada pengenalan ayat-ayat pendek Al Quran, sedangkan semester kedua bisa lebih mengarah pada pemahaman hadis-hadis penting.
  • Materi yang Diajarkan: Menentukan materi yang akan dipelajari oleh siswa, seperti pengenalan huruf hijaiyah dan bacaan tajwid yang benar, serta beberapa hadis yang berhubungan dengan akhlak.
  • Evaluasi Semester: Di akhir semester, dilakukan evaluasi mengenai pemahaman dan keterampilan siswa dalam membaca Al Quran dan memahami Hadis.

Prosem memberikan kesempatan untuk evaluasi lebih terarah dan terstruktur sepanjang semester, serta memberikan ruang bagi guru untuk menyesuaikan metode pembelajaran agar sesuai dengan perkembangan siswa.

4. Silabus Diganti dengan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

Salah satu perubahan penting dalam Kurikulum Merdeka adalah penggantian istilah Silabus dengan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran). ATP ini memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai urutan dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa dalam satu mata pelajaran, termasuk dalam Al Quran dan Hadis.

Struktur ATP:

  • Tujuan Pembelajaran: ATP memuat tujuan yang spesifik yang ingin dicapai siswa pada setiap tahap pembelajaran. Ini mencakup pemahaman terhadap materi Al Quran dan Hadis, serta penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.
  • Langkah-Langkah Pembelajaran: ATP memberikan panduan tentang langkah-langkah yang harus diambil guru dalam menyampaikan materi, dari pengenalan konsep dasar hingga aplikasinya dalam kegiatan sehari-hari.
  • Penilaian: Penilaian dalam ATP lebih berfokus pada kemampuan siswa untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari dalam konteks kehidupan nyata, bukan hanya menghafal atau mengingat kembali materi yang telah diajarkan.

Dengan ATP, guru dapat memastikan bahwa seluruh tujuan pembelajaran tercapai dengan cara yang terstruktur dan sistematis. Ini juga memungkinkan adanya penyesuaian jika ada materi yang memerlukan waktu lebih lama untuk dikuasai oleh siswa.

5. Perangkat Pembelajaran Al Quran Hadis Kelas 4 dalam Format Download

Untuk mempermudah akses bagi para guru dan orang tua yang ingin menggunakan perangkat pembelajaran Al Quran Hadis Kelas 4, perangkat ini tersedia dalam format yang dapat diunduh. Dengan adanya modul ajar, Prota, Prosem, ATP, dan silabus, para guru dapat langsung mengimplementasikan perangkat ini dalam proses pembelajaran sehari-hari.

Manfaat Download Perangkat Pembelajaran:

  • Akses Mudah: Guru dan orang tua dapat mengunduh perangkat pembelajaran ini kapan saja untuk mempersiapkan materi pembelajaran secara lebih efisien.
  • Pembelajaran yang Terstruktur: Semua materi sudah disusun dengan sangat terstruktur sesuai dengan kebutuhan siswa kelas 4 dalam mempelajari Al Quran dan Hadis.
  • Fleksibilitas: Dengan format digital, perangkat pembelajaran ini dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan pengajaran, baik itu dalam kelas fisik maupun dalam pembelajaran jarak jauh.
Download Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Al Quran Hadis Kelas 4 ( UNDUH )

Kesimpulan

Perangkat pembelajaran Al Quran dan Hadis Kelas 4 dalam Kurikulum Merdeka harus dirancang dengan sangat teliti agar mampu mendukung perkembangan spiritual dan intelektual siswa. Dengan modul ajar, Prota, Prosem, ATP, dan silabus yang jelas dan terstruktur, guru dapat memberikan pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan berbasis pada pemahaman yang mendalam tentang ajaran Islam. Download perangkat ini akan sangat membantu guru dan orang tua dalam mendampingi proses pembelajaran siswa, menjadikan setiap langkah pembelajaran lebih mudah diakses dan lebih efektif untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.

0 Komentar