SELAMAT DATANG DI WEBSITE SD NEGERI 4 CIRAHAHAB KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS

Cerita Monyet yang serakah dan kancil yang baik hati

 MONYET YANG SERAKAH DAN KANCIL YANG BAIK

 

  Disebuah hutan ada beberapa hewan. hewan -hewan itu sedang memakan buah buahan.tiba-tiba monyet menghampiri hewan yang sedang makan buah. “Aku lapar tapi aku tidak mempunyai makanan”.kata monyet mengeluh lalu tiba-tiba ada kancil yang memberikan monyet itu  satu buah pisang tetapi monyet memakan semua buah yang ada di hewan - hewan.

    Lalu kancil berteriak kesal “awas kamu monyet nanti aku tidak akan       memberimu buah lagi”.dan keesokan hari monyet akan menipu lagi kepada hewan - hewan lagi. Tetapi tidak ada  yang mendengarkan keluhan monyet. Lalu kancil berkata “makanya jadi hewan jangan serakah “.

      Setelah  monyet pura -pura minta maaf kepada kancil . kancil pun memaafkanya lalu monyet meminta buah kepada kancil lagi-lagi monyet memakan semua makanaan kancil itu. Dan pada saat monyet akan pulang dia melihat ada buah dipohon .

 

       Monyet memanjat pohon yang ada berbuah lalu monyet memakan buah yang beracun. Monyet pun merasa gatal lalu berteriak minta tolong . “ tolong siapa pun tolong aku , aku merasa gatal  setelah memakan buah yang racun itu “ . kata monyet yang sedang mengaruk - garuk . kancil menghampiri monyet untuk menolong. “Sekarang aku benar - benar   meminta maaf kepadamu kancil. Ujur monyet yang sedang menangis. Lalu kancil memaafkannya. Mereka pun sekarang menjadi teman yang baik.

  NAMA KELOMPOK :AINI SARAH RAMADAN

                                 FADIKAL NAHURUL


 AMANAT :KITA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL TIDAK BOLEH SERAKAH , BERBUAT BAIKLAH KEPADA SESAMA

0 Komentar