SELAMAT DATANG DI WEBSITE SD NEGERI 4 CIRAHAHAB KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS

Cerita Dua gadis yang berbeda sifat

    DUA GADIS YANG BERBEDA SIFAT


      Disebuah kampung terlihat sebuah rumah kecil, ada beberapa peng huni salah satunya ada kake dan dua gadis cucunya. Disana kake bekerja sebagai pedagang sayur, setiap hari kake menycari uang untuk kebutuhan cucunya. Pada suatu hari kake akan bekerja namun kake sedang tidak sehat, lalu cucun keduanya bilang”ke, kake di rumah saja biarlah aku yang bekerja” kata cucu yang kedua. 

      Lalu cucu keduanya berpamitan kepada kake untuk mencari pekerjaan di kota

“Ke,aku mau berpamitan kepada kake aku mau cari pekerjaan”kata cucu kake yang kedua. Kake menjawab’’iya , kamu disana hati hati ya jaga diri baik baik’’.

“ iya ke doain aku ya’’ kata cucu kake ke dua. Lalu cucu kake yang kedua pergi kekota, dia menaiki bis dari kampung ke kota. Di perjalanan dia ketiduran di bis,dia tidak sadar kalau sudah sampai. Diasana dia mencari perumahan untuk bekerja. Lalu dia menemukan perumahan yang mewah, lalu dia menawarkan pekerjaan. Dan dia diterima untuk bekerja oleh keluarga yang kaya.

       Diasana dia bekerja dengan rajin dan taat, namun dia di beri tahu agar tidak menbuka gudang di belakang. Dia sangat menaati peraturan di sana, dia  selalu membersihkan semua ruangan kecuali gudang di belakang. Dia disana sudah bekerja selama satu tahun, lalu dia berpamitan untuk pulang ke kampung untuk bertemu dengan kake”tuan aku berpamitan untuk pulang ke kampung “. tuan menjawab “ nanti, kamu harus buka gudang dulu ya karena kamu sudah menaati peraturan”, lalu dia disuruh untuk membuka gudang. Dan dia membuka gudang dan ternyata isinya adalah emas dan dia disuruh untuk mengambil emas sebanyak yang dia mau. Setelah mengambil emas lalu dia pergi untuk pulang menemui kake. Dia lalu menunggu bis datang, setelah bis datang dia langsung naik, untuk menaiku bis sangat lama.

         Setelah sangatlama dia sampai kampung. Dan lang sung menemui kake, kake sangat gembira melihat cucu keduanya pulang dan cucu keduanya cerita semua ke kake, dan ternyata cucu kake yang ke satu mendengar semua pembicaraan cucu kake yang kedua. Dia ingin mempunyai mas seperti cucu kedua kake namun dia sangat malas.

Lalu cucu kake ke satu meminta izin ke kake untuk mencari uang lalu kake mengizinkannya. Lalu cucu kake yang ke satu pergi ke kota menaiki bis. Dan dia menemukan perumahan yang mewah dan dia di terima untuk bekerja disana dia biberi tahu untuk tidak membuka kamar depan. Namun dia tidak menaati peraturannya, dia tetap ,mau membukanya. Ternyata disana isinya ada segerombol lebah yang sangat banyak, dia langsung di serbu lebah yang sangat banyak. Dan dia dipecat lalu dia pulang ke kampun dengan keadaan buruk. Dia bilang semuanya ke kake dan cucu kekuanya kake. Dan dia meminta maaf kepada kake tidak mengulanginya lagi.


 AMANAT : HARUS MENJADI ANAK YANG RAJIN

 NAMA KELOMPOK : AYUDYA RATRI KINASIH

                                   AKBAR WIGUNA

  


0 Komentar